catatan kecil

small notes of my life

[Info] Pembuatan Paspor (tanpa Calo) di Jakarta June 24, 2008

Filed under: life,scholarship — septina.larasati @ 6:54 am

This blog entry is about the steps to get an Indonesian passport in Indonesia. This information based on my own experience that done in East Jakarta Imigration Office and for a scholarship purpose. Do not forget to pay attention on this blog entry date, because it might be changes in the future. Since this information is more valuable for Indonesian people, so I make this entry blog in Bahasa Indonesia.

Entri blog ini tentang pembuatan paspor Indonesia di Indonesia. Informasi ini berdasarkan pengalaman pribadi yang dilakukan di kantor Imigrasi Jakarta Timur dan untuk kepentingan beasiswa. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal entri blog ini, karena mungkin akan ada perubahan-perubahan di masa mendatang. Karena informasi ini lebih bermanfaat bagi orang Indonesia, maka saya buat entri blog ini dalam bahasa Indonesia.

Untuk membuat paspor Indonesia dapat dilakukan di Kantor Imigrasi manapun di Indonesia. Saya sendiri membuat paspor di kantor Imigrasi Jakarta Timur (di daerah Cipinang dekat LP Cipinang) walaupun saya berdomisili di Bekasi dan memiliki KTP Bekasi. Pembuatan paspor relatif cepat jika semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan datang di pagi hari, karena semakin siang atau sore orang yang datang untuk keperluan yang sama akan semakin banyak, anyway the early bird catches the biggest worm 😀

Pengurusannya bisa memakan waktu kira-kira 6 hari kerja jika tidak ada masalah seperti kekurangan dokumen atau kantor imigrasinya mati lampu (it happens to me 😦 so I should come back the next day). Normalnya sih cuma butuh 3 kali kunjungan ke kantor Imigrasi.

Kunjungan Pertama (Pengumpulan formulir)
Dikunjungan pertama intinya cuma ngumpulin formulir dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Kita mulai dari dokumen apa saja yang harus dibawa ya? (ini berdasarkan pengalaman saya lho). Dokumen tersebut adalah:
– Fotokopi KTP
– Fotokopi Kartu Keluarga
– Fotokopi Akte Kelahiran
– Fotokopi Ijazah Sarjana (karena saya mau S2)
– Fotokopi Surat keterangan penerimaan beasiswa
Semua dokumen diatas dalam bentuk fotokopi karena yang asli belum diperlukan, tapi untuk jaga-jaga ya dibawa tidak ada salahnya tho?

Selain itu bawa juga:
– Materai Rp. 6000,- (daripada entar disana repot nyari-nyari lagi, belum tentu ada yang jual)
– Lem buat nempelinnya
– Alat tulis (buat ngisi formulir)
– Rp. 5000,- untuk beli formulir (ongkos perjalanan ke Kantor Imigrasi itu masalah masing-masing XD)

Sampai disana cari tempat penjualan formulir pembuatan paspor. Harganya, terakhir yang saya tahu sih, Rp. 5000,-. Beli formulirnya dan isi selengkap-lengkapnya. Setelah diisi dengan lengkap masukan semua dokumen (Fotokopi) ke dalam map formulir (diberikan bersama dengan formulir). Kemudian cari loket pengumpulan formulir. Kalau di kantor Imigrasi tersedia 4 loket. Berikan kepada petugas loket dan hafalkan nomer loket. Petugas loket akan memberikan potongan kecil dari map formulir sebagai tanda penerimaan formulir (kita sebut saja tanda terima). Simpan tanda terima tersebut baik-baik. Di tanda terima tersebut dituliskan kapan harus kembali untuk kunjungan berikutnya. Kalau di tanda terimanya tidak ada tulisan, jangan malu bertanya XD Normalnya sih 3 hari kerja, jadi kalau datang Senin tanggal 1 berarti harus kembali lagi Kamis tanggal 4.

Kunjungan Kedua (Foto + Sidik Jari + Wawancara)
Yak! Kunjungan kedua untuk Foto + Sidik jari + Wawancara. Karena ada sesi foto, datanglah dengan baju yang pantas (berkerah dan rapi) dan kalau bisa dandan sedikit (tidak berlebihan, paling ga muka ga berminyak 😦 kaya gw). Bawalah semua dokumen asli yang dikumpulkan bersama dengan formulir untuk verifikasi ketika wawancara (mungkin kecuali KTP, karena dititip di depan).
Seperti bisa datanglah pagi-pagi. Langsung datangi loket dan berikan tanda terima. Tunggu namanya dipanggil oleh Kasir (jadi buka telinga lebar-lebar, soalnya berisik disana, deket-deket aja ama kasir). Setelah dipanggil ama kasir bayar deh Rp. 270.000,- dan oleh kasir akan diberikan satu kertas bukti pembayaran (kita sebut saja Kwitansi) dan nomer urut pemotretan XD Setelah itu tunggu nomernya dipanggil (jadi sekali lagi buka telinga lebar-lebar). Setelah dipanggil, masuk jangan lupa bawa dokumen asli, ada pemotretan, pengambilan sidik jari dan wawancara.
Setelah selesai tanya kepada petugas loket pengumpulan formulir kapan (hari dan jam) paspor dapat diambil. Normalnya sih 2 hari kerja, kalau pemotretan Kamis tanggal 4 jadi harus balik lagi Senin tanggal 8. Jangan lupa simpan baik-baik kwitansinya untuk pengambilan paspor.

Kunjungan Ketiga (Pengambilan paspor)
Kunjungan terakhir! Kalau kunjungan yang ini datengnya sore-sore aja jam 15.00 (atau sesuai dengan kata petugas loket). Datangi tempat pengambilan paspor. Berikan kwitansi. Nanti akan diberikan paspor beserta sampulnya. Petugasnya biasanya minta untuk paspor itu difotokopi dulu dan diberikan ke petugas tadi (kalau di Imigrasi Jakarta Timur ada tukang fotokopi di lantai paling bawah). Berikan paspornya ke petugasnya dan Voila! The passport is all yours 😀

Jadi total biayanya semua adalah Rp. 275.000,- (Formulir + Paspor) dan biaya-biaya lainnya seperti Materai dan Fotokopi, serta ongkos pergi kesana XD Lumayan kan dibanding pake calo? XD

Selamat membuat paspor! XD

Advertisements
 

40 Responses to “[Info] Pembuatan Paspor (tanpa Calo) di Jakarta”

  1. ranni Says:

    Pake calo:
    orgnya dateng ke rumah ambil semua berkas2, dateng sekali aja ke imigrasi. Di kantor imigrasi gak nyampe 10 menit. 3 hari kemudian, calo nya dateng ke rumah nganterin paspor, bayar 750000.

  2. denny Says:

    Emang sekarang kalo KTP Bekasi udah bisa bikin paspornya di jakarta timur yah? Bukannya KTP Bekasi harus bikin paspor ke kanwil imigrasi di Karawang?

  3. sweetiena Says:

    @ranni a.k.a jukie:
    bodo… sayang duitnya XD

    @denny:
    Buktinya gw bisa tuh 🙂
    sekarang udah bisa ngurus dimana aja kok 🙂

  4. rdhee Says:

    tin, si juki tuh udah kaya duidnya banyak, ga kerasa duid segitu mah xD

    @denny:
    yep bener kata tina, sebenernya udah lama bikin passport tidak harus tergantung domisili si pemohon.

  5. andi rachman Says:

    terima kasih banyak atas informasinya yang berharga….shuip2…!!!^_^

  6. jubliandi Says:

    boleh tahu gak…
    alamat imigrasi untuk jakarta timur??

  7. Lulu Says:

    Thx ya, Infonya Detail… gimana dengan Fiskalnya?

  8. sweetiena Says:

    @andi:
    sama-sama XD

    @jubliandi:
    aduh maaf jawabnya lama T_T soalnya belum sempat nulis2 lagi di blog. Alamat persisnya ga tau, tapi ga jauh dari LP Cipinang kok. Gampang kok nyarinya.

    @lulu:
    Sama-sama XD
    Untuk fiskal kebetulan dibantu sama PO dari pemberi beasiswa, jadi mungkin klo saya tulis gimana ngurus fiskalnya ga bisa bersifat general. Maaf tidak bisa membantu. Tapi klo untuk beasiswa harusnya gampang. Mulai tanya-tanya aja ke Dirjen Dikti atau apa gitu namanya, yang kantornya di deket Ratu Plaza.

  9. ocha Says:

    mau tanya, kalo saya tinggal di kepala gading itu jadi pergi ke kantor imigrasi yang bagian mana, jakarta pusat bukan? terus saya sekarang lagi tidah ada di indonesia, pingin tau nomor telepon kantor immigrasi yang dekat kelapa gading. Itu bagaimana caranya, ada yang tau tidak>

  10. sweetiena Says:

    hehehe saya juga ga tau mbak 😀 coba cari di http://www.imigrasi.go.id
    Saya juga lagi ga di Indonesia, tapi kan ada om google 😀
    happy searching 😀

  11. indra Says:

    thanks ya atas info nya,

    tp diluar jakarta seperti di medan bisa aman juga ga ya tanpa calo2?
    ada info ga?

  12. Gustaf Says:

    heheh gw yakin kunjungan lo yg ketiga yg disuruh fotokopi kena lo dikerjain pegawai administrasi yg malas. ga ada tuh ngambil passport disuruh mcm2. cuman kasih tanda bukti and the passport is belongs to you.

  13. tya Says:

    hey, thanks untuk infonya yaa…ayo semangat buat temen2 penganut anti calo…hehe mulai dihilangkan dong kebiasaan mempermudah segala sesuatu dengan uang..mari sedikit demi sedikit kita benahi sistem yg berjalan di negeri ini.

  14. saya Says:

    Saya pernah mengurus paspor saya sendiri, dan 1 hari selesai. Biaya juga sesuai biaya resmi disana.
    Saya cuma rajin mengikuti kemanapun form saya berada.
    Bikin paspor bukannya mmg harusnya sehari selesai?

  15. arrahman Says:

    posisi kantor imigrasi jakarta timur di depan taman jatinegara persisnya di samping kantor kejaksaan prumpung jakarta timur,klo dh nyape sana tanya ja semua org tau ko….

  16. ira Says:

    makasih banget infonya, sangat sangat membantu….
    soalnya sekarang saya ktp bekasi… gak tau dimana kantor imigrasi bekasi, katanya jauh banget ya.. males deh..

  17. Djohan Tjendra Says:

    Thx utk sharing info yg bermanfaat. Gbu

  18. Ikha Says:

    Wawancaranya mengenai apa aja ya??
    Kalo masih dalam rencana mau jalan2 di persulit ga??
    ada ga paspor yang di tolak, gara2 wawancaranya,, hehehehe..
    Thanks before ya,, membantu bgt nich infonya.. Hehehe

  19. Gunawan Says:

    Makasih bngt infonya.

  20. Fifi Says:

    Mau tanya nih:
    kira2 kl dwawancara ,yg dtanya apa aja ya?

  21. […] Berdasarkan info dari blog ini dan juga dari Elly, kita bisa ngurus passport di kantor imigrasi mana saja (ga harus berdasarkan KTP). Info dari Ditjen Imigrasi sendiri, persyaratan yang diperlukan untuk mengurus passport adalah: […]

  22. sweetiena Says:

    Maap lama balesnya 😀 Wawancaranya agak-agak ga penting juga sih. Karena waktu itu surat-surat beasiswa gw udah lengkap, gw ditanya akan berapa lama disana. Siapa pemberi beasiswanya. Dimana bakalan tinggalnya. Gimana baliknya. Gw yakin pertanyaan-pertanyaan yang gampang dijawab kalau loe udah eligible untuk pergi ke luar negeri 😀 good luck 😀

  23. Fifi Says:

    tq bgt atas infonya ya

  24. beny Says:

    saya baru mau bikin passport mau ke singapore saya harus kemana dulu ? alamatnya dimana ?
    thanks

  25. riel daenk Says:

    bulan brp e lho,, ngurus paspor bisa di tempat mane aje. maksudku kantor imigrasi dimana aje walaupun tdk sesuai alamat ktp, balas ya…

  26. riel daenk Says:

    dan kalo perpanjang paspor apa prosesnya lbh mudah ato sama aje, ayo halpme jawab

  27. B-A-R Says:

    Kalau sekarang ini biaya pembuatannya berpa ya? Katanya ada kenaikan mulai 2010, bener ngga?

  28. sweetiena Says:

    @beny:
    Terakhir kali saya ngurus paspor (sebelum saya nulis entry blog ini), ngurusnya bisa di kantor imigrasi di mana aja, walaupun tidak sesuai dengan alamat/daerah di KTP.

    @riel daenk dan B-A-R:
    saya bukan petugas imigrasi. Saya belum pernah perpanjangan paspor dan saya tidak tahu kabar soal kenaikan tarif. Mungkin teman-teman yang lain bisa bantu.

  29. elsya maryatresa Says:

    kalo mo bikin pasport domisili bekasi dimana ya? n biayanya sekarang brapa. Aku kerja di rspad gatsu mungkin sekitar bulan mei mo rekreasi atau jalan2 ke Thailand tp blom punya pasport. Tolong bantu yaaaaa?

  30. risma Says:

    kalo mau buat paspor untuk tinggal dalam jangka waktu lama harus dapat surat rekomendasi dari mana ya?coz mau menemani suami dinas diluar negri?

  31. indigowine Says:

    Tin, maya niy, hahahahaha, koq lo jadi dikira petugas imigrasi? =_=

    anyway, yoi perbedaan harga paspor jaman sekarang dengan jam lo dulu bikin keknya cuma ceban, tapi kudu sabar menunggu.

    dan menurut info temen gue, sekarang kalo pake calo lagi aga2 gmana gtu, soalnya KPK lagi nangkring di kantor imigrasi.. hehehehehe..

  32. ima Says:

    OK dh,,,
    thx y informasinya,,,

    btw, Kantor imigrasi hari sabtu buka g y????
    mw k sn tp sempetnya hr sabtu,,,,
    gmn y???

  33. septina.larasati Says:

    Iya nih dikira pegawai imigrasi x)

    Btw.. gw ga gitu tau informasi terbarunya… jadi klo ada yang punya informasi baru… silahkan berbagi 🙂

  34. sanglelaki Says:

    makasih infonya, mudahan ga jlimet ngurusnya.. pinginnya sih sekali dateng langsung jadi 🙂

  35. Nadine bosco Says:

    Nanya donk kantor imigran nya buka jam brapa?

  36. evi damayanti Says:

    mohon info, klo untuk karyawan ada contoh surat keterangan kerja?

  37. galang Says:

    kalo gue sendiri sih.. ngurus buat ortu naik haji… tinggal di jaktim tapi berangkat haji dari bekasi, jadi saya ngurus di jaktim deket LP Cipinang..
    prosesnya. ambil Blanko.. biasanya + materai di hargai 15 ribu.. trus dibawa pulang diisi di rumah setelahnya selesai di isi formulir dikembalikan ke kantor imigrasi kira2 tiga hari foto dan wawancara dan itu dan juga bayar 110 ribu dah sampek situ tunggu kira2 satu minggu PASPOR dah jadi.. cepet dah… mendingan ngurus sendiri dari pada diurusin.. pihak ketiga karena kami tadinya mau diurusin dan biayanya 550 ribu perorang. setelah kami di kasih tau kalo ngurus sendiri lebih murah ya kenapa nggak sendiri… padahal kami ngurus buat 2 orang… so lumayan lah.. perbedaannya jika jadi diurusin.. pihak ketiga…
    salam
    irfan

  38. marina Says:

    tks infonya yaaa…

  39. Sagitarius84 Says:

    thx info nya ya,,,,cuma males ngak tw kantor imigrasi yg dekat dgn bekasi,,tw ngak yg dekat nya dimana????kalau di depok kelas II,,apa bisa bikin paspor di kelas mana aja??? atau hanya di kelas I aja bisanya?

  40. awy Says:

    lama amat tu smpai 1 mggu bru ambil paspor’a. .gue buat paspor datang jam 10 pagi jam 4 sore udh ambik paspar’a.cuma bayar 400..pandai2 lah ma petugas d kntor imigrasen.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s